Friday, October 6, 2017

5 Negara Termiskin di Dunia

5 Negara Termiskin di Dunia

Hasil gambar untuk negara  miskin

Pendapatan suatu negara ditentukan berdasarkan perolehan GDP/PDB dari suatu Negara. Negara dikategorikan miskin jika mendapatkan nilai GDB/PDB dibawah yang telah ditetapkan oleh Bank Dunia (World Bank). GDP/PDB itu sendiri merupakan ukuran dari pendapatan rata-rata penduduk suatu Negara per harinya. Nilai ini dapat dijadikan sebagai indikator kemakmuran ekonomi dari suatu Negara. Menurut Bank Dunia, jika penduduk suatu Negara mendapatkan pendapatan dibawah US$ 2 per hari, maka Negara tersebut dikategorikan sebagai Negara miskin. Setiap tahunnya Bank Dunia melakukan monitoring terhadap gerak perkembangan GDP/PDB semua Negara di Dunia. Data yang di dapatkan itulah yang kemudian menjadi acuan untuk menentukan urutan/daftar dari Negara-negara miskin tersebut.    
Untuk tahun 2017 sendiri, urutan atau daftar Negara-negara paling miskin tersebut tidak jauh berubah jika dibandingkan dengan tahun 2016 lalu. Hal ini merupakan imbas dari gerak pertumbuhan perekonomian global yang cenderung melambat. Negara-negara yang berada di benua Afrika masih mendominasi urutan Negara termiskin tersebut. Kemampuan SDM (Sumber Daya Manusia) yang dibawah rata-rata dianggap sebagai penyebab utama mengapa sehingga Negara-negara di benua Afrika sulit mengalami perkembangan. Apalagi, ditengah berlakunya perdagangan bebas yang  menitikberatkan pada daya saing SDM suatu Negara. Selain itu, ketidakstabilan politik akibat konflik dan korupsi juga menambah buruknya keadaan.

5. Negara Burundi

Termiskin 5 Dunia: Negara Burundi

Negara termiskin ke-5 dunia ditempati oleh Burundi. Negara ini di juluki negara paling tidak bahagia oleh PBB. Disana Banyak terjadi Human Traffiking seperti dijual, di jadi kan wanita penghibur dan bahkan sampah di jual di luar negri.Jika kalian tinggal di negara ini pasti kalian sangat lah ngeri karena terjadi pembunuhan setiap hari di negara ini sehingga mencapai korban 100 orang. Negara kecil berpenduduk 10 juta jiwa ini terletak di Afrika Tengah. Negara ini hanya mencatat perolehan GDP/PDB sebesar US $951. Ketidakstabilan politik, korupsi yang merajalela, dan rendahnya tingkat pembangunan dianggap sebagai faktor utama penyebab ekonomi negara ini sulit berkembang. Akibatnya, kemiskinan pun semakin meluas.  

4. Negara Liberia

Termiskin 4 Dunia: Negara Liberia

Negara termiskin ke-4 dunia ditempati oleh Liberia. Negara yang mempunyai bendera hampir sama seperti bendera Negara Amerika. Dengan penduduk sebesar 4 juta jiwa, negara ini terletak di pesisir barat Afrika. Nilai GDP/PDB Liberia berada dikisaran US $935. Liberia masih merasakan derita akibat dari perang saudara yang terjadi selama 20 tahun. Kemiskinan yang meluas, buta huruf, dan korupsi membuat ekonomi negara ini kian rapuh.

 3. Negara Malawi

Termiskin 3 Dunia: Malawi

Negara termiskin ke-3 dunia ditempati oleh Malawi, sebuah Negara yang terletak di Afrika Selatan. Per kapita GDP/PDB dari negara ini diperkirakan sebesar US $ 820. Sebenarnya, ekonomi Malawi telah meningkatkan dalam beberapa tahun terakhir, tetapi tingginya inflasi dan ketergantungan pada pembiayaan donor menjadi faktor pengham

1. Republik Afrika Tengah

Termiskin 1 Dunia: Republik Afrika Tengah

Nah, sampailah kita pada negara yang paling miskin sedunia yang ditempati oleh Republik Afrika Tengah. Negara kecil yang terletak di pedalaman Afrika dengan jumlah penduduk yang hanya sebesar 4 juta jiwa. Negara ini mencatat perolehan GDP/PDB terkecil di dunia, yakni hanya sebesar US $640. Kekerasan sektarian yang hampir terjadi setiap tahun membuat ekonomi Negara ini sulit berkembang. Tata kelola pemerintahan yang amburadul dan korupsi yang merajalela menambah buruknya keadaan. Akibatnya, kemiskinan yang semakin meluas sulit terelakkan.bat terjadinya perbaikan yang lebih luas. 

2. Republik Demokratik Kongo

Termiskin 2 Dunia: Republik Demokratik Kongo

Negara termiskin ke-2 dunia ditempati oleh Republik Demokratik Kongo, sebuah negara yang terletak di Afrika Tengah. Negara yang berpenduduk 67 juta jiwa ini hanya meraih perolehan GDP/PDB sebesar US $750. Konflik masa lalu yang terus terjadi hingga kini memicu terjadinya ketidakstabilan di pemerintahan. Akibatnya, ekonomi negara ini sulit bertumbuh.

1. Republik Afrika Tengah

Termiskin 1 Dunia: Republik Afrika Tengah

Nah, sampailah kita pada negara yang paling miskin sedunia yang ditempati oleh Republik Afrika Tengah. Negara kecil yang terletak di pedalaman Afrika dengan jumlah penduduk yang hanya sebesar 4 juta jiwa. Negara ini mencatat perolehan GDP/PDB terkecil di dunia, yakni hanya sebesar US $640. Kekerasan sektarian yang hampir terjadi setiap tahun membuat ekonomi Negara ini sulit berkembang. Tata kelola pemerintahan yang amburadul dan korupsi yang merajalela menambah buruknya keadaan. Akibatnya, kemiskinan yang semakin meluas sulit terelakkan.
 Demikian lah dengan dartar 5 negara paling miskin di dunia. Urutan negara ini bukan lah suatu ejekan atau hinaan terhadap negara itu. Karena kayaan tidak lah milik kita, kekayaan ini hanyalah titipan yang akan di pertanggung jawabkan. Postingan ini bertujuan untuk motivasi untuk kita semua untuk terus berjuang demi mendapat rejeki yang halal.

Share this

0 Comment to "5 Negara Termiskin di Dunia"

Post a Comment